Konsep Pendidikan Islam


Sampai saat ini, mayoritas ahli pendidikan berpendapat bahwa masalahutama yang dihadapi oleh bangsa kita adalah rendahnya mutu pendidikan padasetiap jenjang dan satuan pendidikan. Berbagai hal telah diupayakan untukmemecahkan persoalan tersebut, mulai dari berbagai pelatihan untuk peningkatankualitas guru dan tenaga kependidikan, perbaikan sarana dan prasarana serta yang paling besar adalahpembaharuan kurikulum pendidikan yang diarahkan padaterwujudnya proses pembelajaran yang berkualitas menuju terwujudnya sumberdaya manusia yang berkualitas.
Namun, dari sekian banyak hal yang dikemukakan mengenai faktor-faktoryang menyebabkan “keterpurukan” pendidikan bangsa kita – berdasarkan analisispenulis – sedikit sekali yang menyadari bahwa “kegagalan” sistem pendidikan kita lebih berdasar kepada kesalahan paradigma pendidikan kita yang telah membentuk dikotomi pendidikan di mana terdapat garis pemisah antara agama dan sains.
Hal ini terlihat dari pandangan masyarakat kita saat ini sebagai produk darisistem pendidikan yang telah dijalankan, di mana saat ini masyarakat sudah –terlanjur senang- memisahkan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama. Dari pemikiran tersebut kemudian muncul istilah lain (meminjam istilah Prof. Dr. Ahmad Tafsir) yaitu sekolah umum dan sekolah agama dan pemisahan yang jelas antara masalah umum (keduniaan) dan masalah agama (akhirat). Efek dari pemikiran tersebut mudah ditebak, yaitu pemisahan antara iman dan sains. Sehingga muncullah para alim ulama yang takut akan ilmu pengetahuan danterang-terangan mencela dan memusuhinya dan banyak para ilmuwan yangcenderung acuh tak acuh terhadap agama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: